Tarif Listrik Nonsubsidi Tak Akan Naik Hingga Juni 2017

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memastikan, tarif listrik yang masuk dalam kategori nonsubsidi tidak akan naik hingga Juni 2017.

Bahkan, mantan Menteri Perhubungan ini akan mengusahakan agar tarif listrik nonsubsidi menjadi lebih murah melalui program-program yang akan digulirkan Kementerian ESDM.

"Tarif listrik April hingga Juni tidak naik, kita akan coba listrik makin lama makin terjangkau," kata Jonan di Jakarta, Jumat (24/3/2017).

Guna menekan tarif listrik agar lebih murah, pemerintah menempuh cara dengan menerapkan pengaturan harga listrik pembangkit dengan tenaga batu bara (PLTU) sesuai biaya pokok penyediaan (BPP) secara nasional.

Pengaturan‎ harga listrik PLTU dipercaya akan membuat BPP lebih efisien dan efektif, dengan begitu tarif listrik bisa lebih kompetitif dan terjangkau untuk masyarakat.

Seperti diketahui, pemerintah melalui Peraturan Menteri ESDM nomor 19 tahun 2017, menetapkan harga listrik PLTU berbahan bakar batu bara sesuai biaya pokok penyediaan atau BPP secara nasional.

Pengaturan harga listrik PLTU tersebut akan membuat BPP pembangkit lebih efisien, sehingga tarif listrik pun menjadi kompetitif. Permen tersebut membagi harga listrik PLTU menjadi dua bagian yakni mulut tambang dan nonmulut tambang.

Untuk PLTU mulut tambang, jika BPP setempat lebih rendah dari BPP nasional, maka harga patokan tertinggi mengacu pada 75 persen BPP setempat. Jika BPP setempat lebih tinggi dari nasional, maka harga patokan tertinggi mengacu pada 75 persen BPP nasional.

Sumber : http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2017/03/24/161909926/tarif.listrik.nonsubsidi.tak.akan.naik.hingga.juni.2017

Hubungi Kami

  • home PT Design Jaya Indonesia
  • phone+62 21 22837422
  • mailkontak@designjaya.com
  • map Jl. Guntur No. 76 Jakarta 12980